IDENTIFIKASI MASALAH NON AKADEMIK PESERTA DIDIK DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA DI SD GUGUS III KECAMATAN BATUKLIANG LOMBOK TENGAH

ANISA DIANA, PUTRI (2024) IDENTIFIKASI MASALAH NON AKADEMIK PESERTA DIDIK DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA DI SD GUGUS III KECAMATAN BATUKLIANG LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ANISA DIANA..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
12683-Article Text-55366-1-10-20240308.pdf

Download (310kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah non akademik yang masih menjadi permasalahan di sekolah dasar. Masalah non akademik merupakan permasalahan terkait perilaku peserta didik seperti bullying antar sesama, kurangnya kedisiplinan, dan masalah kenakalan. Apabila masalah non akademik ini tidak segera ditangani maka dapat menimbulkan dampak yang buruk dan mempengaruhi prestasi belajar di sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan masalah non akademik peserta didik dan upaya penanggulangannya di SD Gugus III Kecamatan Batukliang Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitan ini adalah guru beserta seluruh siswa kelas V di SD Gugus III Kecamatan Batukliang yang berjumlah 236 orang. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini adalah guru yang berjumlah 55 orang beserta siswa kelas V yang berjumlah 120 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya penanggulangan bullying memperoleh persentase 93%, upaya penanggulangan kedisiplinan memperoleh persentase 97%, dan upaya penanggulangan kenakalan memperoleh persentase 89%. Berdasarkan hasil tersebut upaya penanggulangan masalah non akademik di SD Gugus III Kecamatan Batukliang sudah baik akan tetapi belum maksimal. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan persentase pada masalah bullying dengan skor persentase 84%, masalah kedisiplinan dengan perolehan persentase 85%, dan masalah kenakalan dengan perolehan persentase 88%. Oleh karena itu, perlunya dilakukan upaya preventif (pencegahan) untuk mencegah terjadinya masalah non akademik di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Masalah Non Akademik, Peserta Didik Kelas 5, Upaya Penanggulangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Apr 2024 00:19
Last Modified: 03 Apr 2024 00:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44828

Actions (login required)

View Item View Item