MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 21 MATARAM DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PPKn

HAERUN, NISYAH (2024) MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 21 MATARAM DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PPKn. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi semhas fisa ok(1) (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
113. Haerunnisyah.pdf

Download (435kB)

Abstract

Motivasi merupakan suatu motif yang ada pada diri seseorang sebelum orang tersebut melakukan suatu. Motivasi mendorong seseorang dalam mengembangkan kemampuan diri serta pengetahuan yang dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1), bagaimana motivasi belajar siswa SMPN 21 Mataram (2),faktor-faktor penyebab yang mempengaruhi motivasi belajar siswa SMPN 21 Mataram. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu: teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik kebasahan data menggunakan trigulasi sumber, trigulasi teknik dan trigulasi waktu. Teknik analsisi data antara lain reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan (1). Motivasi belajar siswa di SMPN 21 Mataram dalam mengikuti pembelajaran PPKn cukup baik, ini ditunjukkan dengan adanya keinginan siswa untuk mengikuti pembelajaran PPKn dengan cukup antusias, adanya keinginan berhasil dari sebagian besar siswa yang mempunyai cita-cita, adanya penghargaan pada siswa dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa, adanya kegiatan belajar yang menarik dapat menumbuhkan rasa semangat belajar siswa sehingga siswa menjadi aktif dikelas 2). Faktor fenyebab yang mempengaruhi motivasi belajar siswa SMPN 21 Mataram dalam Mengikuti Pembelajaran PPKn adalah faktor guru, dan sarana teknologi. Sedangkan faktor penghambat penyebab motivasi siswa SMPN 21 Mataram dalam mengikuti pembelajaran PPKn yaitu meliputi diri siswa itu sendiri dan Pengaruh Lingkungan Sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Motivasi, Siswa, Pembelajaran, PPKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Apr 2024 04:19
Last Modified: 03 Apr 2024 04:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44829

Actions (login required)

View Item View Item