KEEFEKTIFAN MEDIA BIG BOOK PADA KEMAMPUAN MEMBACA KALIMAT SEDERHANA SISWA KELAS II SDN 37 AMPENAN

AFRAH, AMELIA (2024) KEEFEKTIFAN MEDIA BIG BOOK PADA KEMAMPUAN MEMBACA KALIMAT SEDERHANA SISWA KELAS II SDN 37 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi AFRAH AMELIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Jurnal Ilmiah Afrah Amelia.pdf

Download (364kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari media Big Book pada kemampuan membaca kalimat sederhana siswa kelas II SDN 37 Ampenan . Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimental menggunakan tipe pre-test posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 37 Ampenan yang berjumlah 76 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu tes hasil membaca (Pretest posttest) berupa tes lisan dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran . Teknik analisis data diawali dengan uji prasayarat yaitu uji normalitas dengan uji kolmogrov smirnov dengan signifikansi 5% (0,05) dan dilanjutkan dengan uji homogenitas dengan menggunakan uji levene. Selanjutnya yaitu uji hipotesis dengan menggunakan uji independent sampel t test. Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis pada taraf signifikansi 5% diperoleh t-hitung = 13,376 sedangkan ttable = 1,665 sehingga thitung > ttable dan diperoleh nilai sig 2 tailed 0,00 < 0,05 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Artinya media pembelajaran bermediakan Big Book efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca kalimat sederhana siswa kelas II SDN 37 Ampenan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Big Book, membaca kalimat sederhana
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Apr 2024 04:19
Last Modified: 03 Apr 2024 04:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44831

Actions (login required)

View Item View Item