PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS ETNOSAINS PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI GAYA DAN GERAK KELAS IV SDN 2 BELEKA

RETNO ZULYA, RAHMI (2024) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS ETNOSAINS PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI GAYA DAN GERAK KELAS IV SDN 2 BELEKA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RETNO ZULYA RAHMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)
[img] Text
2764-Article Text-11739-1-10-20240326.pdf

Download (595kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul berbasis etnosains pada pembelajaran IPA materi gaya dan gerak kelas IV SDN 2 Beleka yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Beleka, kecamatan Gerung, kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV sebanyak 51 orang. Objek penelitian ini adalah bahan ajar modul berbasis etnosains mata pelajaran IPA materi gaya dan gerak. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket validasi materi, angket validasi media, angket respon peserta didik, dan angket respon guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul berbasis etnosains memperoleh nilai persentase 86,36% dengan kategori sangat valid oleh ahli materi dan memperoleh nilai persentase 88,23% dengan kategori sangat valid oleh ahli media. Pada uji kepraktisan oleh peserta didik memperoleh nilai persentase sebesar 92,5% dengan kategori sangat praktis dan uji kepraktisan oleh guru memperoleh nilai persentase sebesar 96,9% dengan kategori sangat praktis. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil penelitian modul berbasis etnosains ini sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran IPA materi gaya dan gerak di kelas IV SDN 2 Beleka.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengembangan Modul, Etnosains, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Apr 2024 00:15
Last Modified: 18 Apr 2024 00:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44876

Actions (login required)

View Item View Item