PENGGUNAAN KONJUNGSI DALAM TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X MA HIDAYATURRAHMAN NWDI MENGGALA

MUTMA, INAH (2024) PENGGUNAAN KONJUNGSI DALAM TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X MA HIDAYATURRAHMAN NWDI MENGGALA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Mutmainah E1C019137.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Artikel Mutmainah E1C019137.pdf

Download (970kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan konjungsi dalam teks ekposisi siswa kelas X MA Hidayaturrahman NWDI Menggala. Berikut rumusan masalahan dalam penelitiannya: 1) Bagaimana penggunaan konjungsi koordinatif dalam Teks Eksposisi siswa kelas X MA Hidayaturrahman NWDI Menggala, baik yang tepat maupun yang kurang tepat. 2) Bagaimana penggunaan konjungsi subordinatif dalam Teks Eksposisi siswa kelas X MA Hidayaturrahman NWDI Menggala, baik yang tepat maupun yang kurang tepat. Dalam penelitian ini, metode deskriptif kualitatif digunakan. Metode dan teknik yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data meliputi pencatatan, mendengarkan, dan dokumentasi. Kalimat majemuk, paragraf, atau teks eksposisi sendiri menjadi objek penelitian dalam penelitian ini, 20 karangan menjadi subjek penelitian, dan di antara 20 tulisan siswa tersebut, terdapat 120 kalimat yang mengandung konjungsi. Konjungsi koordinatif digunakan sebanyak 145 kali, sedangkan konjungsi subordinatif digunakan sebanyak 171 kali. Secara keseluruhan, 316 konjungsi digunakan dalam penelitian ini. Dari analisis seluruh karangan penjelas dapat disimpulkan bahwa konjungsi yang paling sering digunakan adalah konjungsi koordinatif yang menyampaikan gagasan penjumlahan. Makna atributif konjungsi subordinatif dinyatakan dalam urutan kedua. Singkatnya, temuan penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menggunakan konjungsi koordinatif dan subordinatif dalam karangan eksposisi mereka.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): konjungsi, karangan, teks ekposisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Apr 2024 00:15
Last Modified: 18 Apr 2024 00:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44879

Actions (login required)

View Item View Item