KEANEKARAGAMAN SPESIES KUPU-KUPU (SUBORDO RHOPALOCERA) DI TAMAN WISATA ALAM (TWA) KERANDANGAN SEBAGAI BAHAN PENGAYAAN BIOLOGI SMA

RITA, ALAWIYAH (2024) KEANEKARAGAMAN SPESIES KUPU-KUPU (SUBORDO RHOPALOCERA) DI TAMAN WISATA ALAM (TWA) KERANDANGAN SEBAGAI BAHAN PENGAYAAN BIOLOGI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RITA ALAWIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Rita Alawiyah Artikel.pdf

Download (264kB)

Abstract

Kupu-kupu termasuk serangga dari ordo lepidoptera dan termasuk keanekaragaman hayati tertinggi di Indonesia. Kupu-kupu memiliki banyak nilai penting dalam kehidupan, contohnya dapat menjaga keseimbangan ekosistem dan memperkaya keanekaragaman hayati. Taman Wisata Alam (TWA) Kerandangan merupakan salah satu habitat kupu-kupu yang berada di Dusun Kerandangan, Desa Senggigi, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman spesies kupukupu di Gunung Jae Kabupaten Lombok Barat sebagai materi pengayaan pelajaran biologi SMA. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif eksploratif, dilakukan dengan 4 kali pengambilan data dari bulan Oktober-November 2023. Pengambilan data menggunakan metode survei dengan teknik sweeping net dan mengikuti tiga jalur pengamatan yang telah ditentukan, yaitu jalur blok pemanfaatan intensif, blok perlindungan dan blok rehabilitas. Pada panelitian jumlah kupu-kupu yang berhasil ditemukan sejumlah 262 individu yang terdiri dari 3 famili (Papilionidae, Nymphalidae, Pieridae), dan 23 spesies. Analisis indeks keanekaragaman jenis kupu-kupu menggunakan rumus Shannon-Wienner diperoleh nilai indeks keanekaragaman jenis (H') seluruh jenis sebesar 3,069 yang termasuk dalam kategori tinggi. Indeks keanekaragaman blok pemanfaatan intensif sebesar 2,96 termasuk dalam kategori sedang. Indeks keanekaragaman blok proteksi berada pada angka 2,77 dengan kategori sedang. Dan indeks keanekaragaman blok rehabilitasi sebesar 2,75 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keanekaragaman; kupu-kupu; Kerandangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Apr 2024 00:15
Last Modified: 18 Apr 2024 00:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44884

Actions (login required)

View Item View Item