PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS X SMKN 1 LINGSAR

YULIA, ASTUTI (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS X SMKN 1 LINGSAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
YULIA ASTUTI E1B019217.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis LKPD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas X SMKN 1 Lingsar. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan rancangan non equivalent control group. Adapun populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMKN 1 Lingsar yang berjumlah 14 dan sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling dimana kelas AP1 menjadi kelompok eksperimen sebanyak 25 siswa dan kelas ULW2 menjadi kelompok kontrol sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes soal pilihan ganda yang telah melewati uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Pengolahan data menggunakan uji prasyarat meliputi normalitas dan uji homogenitas. Setelah mengetahui hasil uji prasyarat, maka uji hipotesis menggunakan uji-t dengan statistik parametrik dan diperoleh nilai thitung>ttabel sebesar 3,889>2,010 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh penerapan model pembelajaran CTL berbasis LKPD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas X SMKN 1 Lingsar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis LKPD, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Apr 2024 00:15
Last Modified: 18 Apr 2024 00:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44885

Actions (login required)

View Item View Item