PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PEER LESSONS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SDN 2 SAPE TAHUN AJARAN 2024/2025

MEN, TARI (2024) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PEER LESSONS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SDN 2 SAPE TAHUN AJARAN 2024/2025. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
semhas skripsi mentari...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
MENTARI JURNAL...pdf

Download (844kB)

Abstract

Peer lesson adalah sebuah strategi yang mengembangkan Peer Teaching dalam kelas yang menempatkan seluruh tanggung jawab untuk mengajar pada peserta didik sebagai anggota kelas. Berfikir kritis adalah manipulasai atau mengelola dan mentransformasi informasi dalam memori. Ini sering dilakukan untuk membentuk konsep, bernalar dan berfikir secara kritis, membuat keputusan, berpikir kreatif, dan memecahkan masalah deangan menyertakan alasa-alasan yang mendukung dan kesimpulan-kesimpulan yang rasional. Adapun rumus dari penelitian ini apakah ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif Peer Lessons terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada pembelajaran tematik kelas V SDN 2 Sape. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 47 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis Quasi Eksperimental Design Tipe Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan data melalui tes yang diberikan pada siswa sesudah dan sebelum diberikan materi dan Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan tes tulis. Uji normalitas dilakukan dengan perhitungan data berupa hasil pretest dan posttest, kemudia setelah data berdistribusi normal dilakukan uji homogenitas yang diperoleh dari hasil perhitungan data posttest, selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan uji t menggunakan data posttest siswa. Berdasarkan hasil analisis data dari pengujian uji-t (t-tes) diperoleh thitung 2,460 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 0,05 atau 5% adalah 2,014. Maka diperoleh thitung> ttabel yaitu 2,460 > 2,014 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif Peer Lessons terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peer Lessons, Berfikir kritis siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Apr 2024 00:15
Last Modified: 18 Apr 2024 00:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44888

Actions (login required)

View Item View Item