ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT PADA MATERI POLA BILANGAN SISWA KELAS VIII SMPN 3 PRINGGARATA TAHUN AJARAN 2023/2024

SITI ANISA, RUSMANIA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT PADA MATERI POLA BILANGAN SISWA KELAS VIII SMPN 3 PRINGGARATA TAHUN AJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
organized.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
11307-Article Text-48763-1-18-20231215.pdf

Download (223kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari adversity quotient. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan berupa angket, tes pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Angket dan tes pemecahan masalah diberikan pada 50 siswa kelas VIII yang selanjutnya diperoleh 13 subjek penelitian untuk diwawancara dengan rincian 12 siswa climbers dan 1 siswa camper. Hasil penelitian menunjukkan siswa kelas VIII SMPN 3 Pringgarata terbagi pada tipe AQ climbers sebanyak 46 siswa dan campers sebanyak 4 siswa. Siswa climbers memiliki nilai rata-rata sebesar 46,10 dengan kategori rendah. Selanjutnya siswa climbers dengan kemampuan tinggi mampu pada keempat langkah Polya. Siswa climbers dengan kemampuan sedang mampu pada langkah memahami masalah, sedangkan terdapat 4 subjek yang mampu pada langkah menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan melihat kembali dan 2 subjek tidak mampu pada langkah menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan melihat kembali. Siswa climbers dengan kemampuan rendah mampu pada langkah memahami masalah. Sementara siswa campers memiliki nilai rata-rata sebesar 47,04 dengan kategori rendah. Kemampuan pemecahan masalah siswa campers berada pada kategori rendah dimana siswa campers hanya mampu pada langkah memahami masalah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemapuan Pemecahan Masalah, Langkah-langkah Polya, Adversity Quotient, Pola Bilangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Apr 2024 00:15
Last Modified: 18 Apr 2024 00:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44889

Actions (login required)

View Item View Item