ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII MTs NURUL HARAMAIN NWDI PUTRA NARMADA TAHUN AJARAN 2022/2023

Baiq Nurul, Fitriani (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII MTs NURUL HARAMAIN NWDI PUTRA NARMADA TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Artikel.pdf

Download (319kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif siswa kelas VIII di MTs Nurul Haramain NWDI Putra Narmada. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis pengambilan data menggunakan teknik simple random sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kritis matematis, tes gaya kognitif Matching Familiar Figure Test (MFFT) dan wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Indikator yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis adalah interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa reflektif memiliki kriteria kemampuan berpikir kritis yang tinggi. Siswa reflektif mampu memenuhi indikator memahami masalah (interpretasi), mengidentifikasi menghubungkan antar konsep (analisis), menggunakan strategi yang tepat (evaluasi) dan membuat kesimpulan (inferensi). Siswa reflektif memiliki ciri-ciri lama mengerjakan soal namun tepat dan teliti untuk mendapatkan jawaban. Sedangkan siswa impulsif memuiliki kriteria kemampuan berpikir kritis sedang. Siswa impulsif hanya mampu memenuhi indikator memahami masalah (analisis). Siswa impulsif memiliki ciri-ciri cepat dalam mengerjakan soal sehingga kurang teliti sehingga jawaban yang diberikan salah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis, kemampuan berpikir kritis, gaya kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Apr 2024 00:16
Last Modified: 18 Apr 2024 00:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44894

Actions (login required)

View Item View Item