PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN V A L U E C L A R I F I C A T I O N T E C H N I Q U E ( V C T ) BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASILBELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 4 KOPANG

MUTMA, INNAH (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN V A L U E C L A R I F I C A T I O N T E C H N I Q U E ( V C T ) BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASILBELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 4 KOPANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIXS-PEMBUKUAN-MUTMAINNAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL MUTMAINNAH- FIXS UPLOAD_RevEH.pdf

Download (167kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 4 Kopang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen dan desain one group pre-test dan post-test desain. Populasinya adalah kelas VIII, dan sampel penelitiannya yaitu kelas VIII A. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah soal pilihan ganda dan isian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Setelah dilakukan uji prasyarat diperoleh hasil bahwa data berdistribusi normal dan homogen dah hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel (4,189 > 2,110) artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 4 Kopang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Video, Hasil Belajar, Value Clarification Technique (VCT).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Apr 2024 00:16
Last Modified: 18 Apr 2024 00:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44895

Actions (login required)

View Item View Item