PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI SDN BARABALI

ZANNUR AINI, HASTUTI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI SDN BARABALI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi zannnur fixxX (AutoRecovered)fff. (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Zannur artikel sudah terbit.pdf

Download (210kB)

Abstract

Hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas V di SDN Barabali masih dalam kategori redah dikarenakan banyak siswa yang berada di bawah KKM yaitu 65. Hal ini dikarenakan guru lebih banyak menggunakan model konvensional seperti ceramah daripada model pembelajaran lain. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V di SDN Barabali. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen tipe non equivalent kontrol grub desain. Metode pengumpulan data berupa lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai thitung ≥ ttabel (3,345 ≥ 1,675) dan sig.2 tailed ≤ 0,05 (0,002 ≤ 0,05) maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Artinya model pembelajaran Course Review Horay berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Selanjutnya, hasil uji effect size diperoleh sebesar 1,599. Artinya besar pengaruh model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa berada pada kategori besar. Dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V di SDN Barabali dengan persetase peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang berada di atas KKM sebesar 76%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Course Review Horay, Hasil Belajar Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Apr 2024 00:17
Last Modified: 18 Apr 2024 00:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44906

Actions (login required)

View Item View Item