ANALISIS PERAN ORANG TUA MENDAMPINGI ANAK BELAJAR LITERASI DASAR SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI KIDANG LOMBOK TENGAH

HESTI, LESTARI (2024) ANALISIS PERAN ORANG TUA MENDAMPINGI ANAK BELAJAR LITERASI DASAR SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI KIDANG LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HESTI LESTARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL HESTI LESTARI.pdf

Download (251kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kendala dalam belajar yang dialami siswa yaitu siswa tidak memahami materi pelajaran terutama dalam pelajaran matematika, siswa cepat bosan atau kurangnya minat siswa dalam belajar, kurangnya kefokusan siswa dalam belajar, serta siswa masih kurang bias dalam berhitung perkalian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua terhadap anak dalam mendampingi anak belajar literasi dasar (membaca, menulis, berhitung) dan untuk mengetahui kesulitan orang tua dalam mendampingi anak belajar literasi dasar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, obsrvasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam mendampingi anak belajar literasi dasar dibagi menjadi 3 macam literasi yaitu (1) Literasi dasar dalam membaca (2) Literasi dasar dalam menulis. (3) Literasi dasar dalam berhitung. Kendala yang dialami siswa dalam belajar meliputi siswa tidak memahami materi pelajaran, cepat bosan dalam belajar, kurang fokus dalam belajar, kurang bisa dalam berhitung perkalian dan pembagian. Sedangkan kesulitan yang dialami orang tua dalam mendampingi anak belajar adalah kurangnya waktu yang diberikan untuk anak dalam mendampingi anak belajar di rumah karena kesibukan orang tua dengan pekerjaan, kurangnya minat anak atau sering merasa ketika didampingi belajar di rumah oleh orang tuanya serta kurangnya pemahaman orang tua terhadap materi pelajaran anak yang di ajarkan di sekolah sehingga orang tua kurang maksimal dalam mendampingi dan membantu anak belajar dirumah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peran Orang Tua, Literasi Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Apr 2024 00:17
Last Modified: 18 Apr 2024 00:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44908

Actions (login required)

View Item View Item