ANALISIS STRUKTUR FISIK DAN STRUKTUR BATIN PUISI SISWA KELAS VII MTS NW DUSUN TELIAH DESA KERTASARI KECAMATAN LABUHAN HAJI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

USWATUN, HASANAH (2024) ANALISIS STRUKTUR FISIK DAN STRUKTUR BATIN PUISI SISWA KELAS VII MTS NW DUSUN TELIAH DESA KERTASARI KECAMATAN LABUHAN HAJI KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI USWATUN HASANAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Uswatun Hasanah (E1C020184) - FINAL.pdf

Download (532kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi struktur fisik dan struktur batin dari puisi yang ditulis oleh siswa kelas VII di MTs NW Dusun Teliah, Desa Kertasari, Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Lombok Timur. Pertanyaan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana struktur fisik dan struktur batin dari puisi yang dihasilkan oleh siswa tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan struktur fisik dan struktur batin dari puisi yang ditulis oleh siswa kelas VII di MTs NW Dusun Teliah, sambil diharapkan manfaatnya akan memberikan sumbangan pada pengembangan studi sastra dan pembelajaran sastra di tingkat pendidikan menengah.Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi terhadap puisi-puisi yang ditulis oleh siswa kelas VII di MTs NW Dusun Teliah, kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi struktur fisik dan struktur batin yang terdapat dalam karya-karya mereka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas siswa menggunakan penataan tipografi rata kiri, menunjukkan preferensi terhadap pengaturan yang tradisional. Dalam mengekspresikan pesan dan perasaan, siswa menggunakan beragam diksi secara efektif. Penggunaan imaji auditif mendominasi, diikuti oleh imaji visual, sedangkan imaji taktil kurang umum digunakan. Penggunaan kata-kata konkret memberikan gambaran yang jelas tentang pengalaman atau perasaan yang ingin disampaikan. Gaya bahasa yang beragam dan pola rima yang bervariasi menciptakan puisi yang menarik bagi pembaca. Tema, suasana, nada, dan pesan dalam puisi siswa mengekspresikan nilai-nilai kehidupan yang penting secara kreatif dan mampu menginspirasi pembaca.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Struktur fisik puisi, Struktur batin puisi, Analisis deskriptif, Puisi Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Apr 2024 09:01
Last Modified: 24 Apr 2024 09:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44965

Actions (login required)

View Item View Item