EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII MTs NW JUET TAHUN AJARAN 2012/2013

AZHARIADI, AZHARIADI (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII MTs NW JUET TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] Text
BAB II.doc
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text
BAB III.doc
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
BAB IV.doc
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
BAB V .doc
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas VIII MTs NW Juet tahun ajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan tekhnik simple random sampling, dengan kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda, data prestasi belajar dianalisis menggunakan uji-t dua pihak. Untuk uji-t diperoleh thitung = 2,518 dan ttabel = 2,060 dengan taraf signifikan 5%, karena thitung lebih besardari ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar fisika siswa MTs NW Juet tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Kooperatif, SFAE, Prestasi Belajar
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 02:44
Last Modified: 05 Jul 2018 02:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5145

Actions (login required)

View Item View Item