AZHARIADI, AZHARIADI (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII MTs NW JUET TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
BAB I.doc Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
|
Text
BAB II.doc Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
|
Text
BAB III.doc Restricted to Repository staff only Download (470kB) |
|
Text
BAB IV.doc Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
|
Text
BAB V .doc Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas VIII MTs NW Juet tahun ajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan tekhnik simple random sampling, dengan kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda, data prestasi belajar dianalisis menggunakan uji-t dua pihak. Untuk uji-t diperoleh thitung = 2,518 dan ttabel = 2,060 dengan taraf signifikan 5%, karena thitung lebih besardari ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar fisika siswa MTs NW Juet tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Model Pembelajaran Kooperatif, SFAE, Prestasi Belajar |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 05 Jul 2018 02:44 |
Last Modified: | 05 Jul 2018 02:44 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5145 |
Actions (login required)
View Item |