PENGARUH KOLABORASI METODE COURSE REVIEW HORAY DAN SNOWBALL DRILLING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS V KECAMATAN MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Yunia Rizky, Yunia Rizky (2018) PENGARUH KOLABORASI METODE COURSE REVIEW HORAY DAN SNOWBALL DRILLING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS V KECAMATAN MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI YUNIA RIZKY.pdf

Download (591kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Experimental Research) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kolaborasi metode Course Review Horay dan Snowball Drilling terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Gugus V Kecamatan Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi Experimen Design tipe Nonequivalent Control Group Design yang menggunakan pre-test dan post-test pada kelas kontrol dan eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus V Kecamatan Mataram yang berkurikulum KTSP. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,648 > 1,999 pada taraf kepercayaan 95%. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kolaborasi metode Course Review Horay dan Snowball Drilling yang dimulai dari guru meminta siswa untuk membuat 9 kotak di kertas bufallo yang setiap kotak diisi dengan nomor yang ditentukan guru. Setelah pembacaan soal dan jawaban diisi dalam kotak dengan waktu yang sudah ditentukan, maka guru menggelindingkan bola salju untuk memilih siswa yang akan menjawab soal nomor 1, Kemudian untuk kelompok yang jawabannya benar memberikan tanda (√) pada kotak dan berteriak “Horay!” untuk kelompok yang jawabannya salah memberikan tanda (X) pada kotak dan tidak berteriak “Horay!”. Setiap kelompok yang memperoleh jawaban benar secara vertikal maupun horizontal harus berdiri dan menyayikan yel-yel kelompoknya. Diakhir pelajaran guru memberikan reward kepada kelompok yang paling banyak berteriak “horay!” terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V di SDN Gugus 5 Kecamatan Mataram Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kolaborasi Metode Course Review Horay Dan Snowball Drilling, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 13 Jul 2018 04:04
Last Modified: 13 Jul 2018 04:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5750

Actions (login required)

View Item View Item