WIRATAMA, SURYAN ARYA (2017) The Use of Crossword Puzzle to Increase Students’ Vocabulary. A Quasi Experimental Research at 7th grade Students of SMP N 13 Mataram Academic year 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
Suryan Arya Wiratama-Artikel.pdf Download (495kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Crossword Puzzle dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII SMPN 13 Mataram tahun akademik 2017-2018. Desain penelitian adalah Quasi experimental research dimana kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan VII I sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pengujian dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menghitung skor rata- rata siswa dari pre-test dan post-test. Data dikumpulkan melalui pre-test, treatmen dan post-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa di kelas eksperimen meningkat dari 59,16 menjadi 79,33 setelah mereka ditreatmen dengan Crossword Puzzle dan lulus Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Sedangkan pada kelas kontrol, nilai rata-rata siswa meningkat dari 59,5 menjadi 67,33 tetapi tidak lulus Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sebagai kesimpulan, dapat dikatakan bahwa Crossword Puzzle dapat meningkatkan penguasaan Kosakata siswa pada siswa kelas VII SMPN13 Mataram tahun akademik2017-2018.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kosakata, Teka Teki Silang, Penelitian Eksperimental |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 14 Nov 2018 02:33 |
Last Modified: | 14 Nov 2018 02:33 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10067 |
Actions (login required)
View Item |