Yeritia, Suci (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 KURIPAN TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI SUCI YERITIA (E1Q013055).pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik kelas X SMAN 1 Kuripan tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain post test only control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Kuripan, dimulai dari bulan Oktober 2016 sampai dengan Agustus 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta kelas X MIA yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 90 peserta didik. Adapun sampel yang digunakan peneliti yaitu peserta didik kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah yang sama yaitu 30. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis menggunakan tes uraian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji manova. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata penguasaan konsep kelas kontrol dan kelas eksperimen berturu-turut yaitu 72,03 dan 59,03. Sementara untuk kemampuan berpikir kritis, nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut 56,07 dan 48,00. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Model Inkuiri Terbimbing, Penguasaan Konsep, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Ayus Suyarsih |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 14:05 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 14:05 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1009 |
Actions (login required)
View Item |