PENERAPAN METODE DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 25 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016

SUSWARI, PANI (2016) PENERAPAN METODE DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 25 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
E1E212188.pdf

Download (556kB) | Preview

Abstract

Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah hasil belajar yang diperoleh siswa khususnya pada mata pelajar an IPA tidak efektif. Hal itu di sebabkan karena kurang maksimal diterapkannya kemampuan dasar yang dimiliki guru tersebut. Berdasarkan latar belakang di atas dapat di rumuskan rumusan masalah, yaitu bagaimanakah Penerapan Metode Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 25 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016?. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa setelah peneliti menerapkan metode discovery . Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode observasi dan tes. Hasil penelit ian dari penelitian ini terdiri dari hasil belajar siswa dan hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Hal ini dapat dilihat pada perolehan nilai hasil belajar siswa pada siklus I, yaitu dengan ketuntasan klasikal 56,67% meningkat menjadi 93,33% pada siklu s II. Sedangkan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I, yaitu sebesar 77 menjadi 91 pada siklus II. Dan observasi aktivitas siswa pada siklus I, yaitu sebesar 76,5 menjadi 81 pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan diterapkannya metode discovery secara optimal dan sesuai d

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): hasil belajar IPA dan metode discovery.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 15 Nov 2018 23:51
Last Modified: 15 Nov 2018 23:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10290

Actions (login required)

View Item View Item