ANALISIS UNJUK KERJA PLTS ON-GRID DI LABORATORIUM ENERGI BARU TERBARUKAN (EBT) UNIVERSITAS MATARAM PERFORMACE ANALYSIS OF PHOTOVOLTAIC ON-GRID SYSTEM IN NEW AND RENEWABLE ENERGY LABORATORY MATARAM UNIVERSITY

Haerurrozi, Haerurrozi (2018) ANALISIS UNJUK KERJA PLTS ON-GRID DI LABORATORIUM ENERGI BARU TERBARUKAN (EBT) UNIVERSITAS MATARAM PERFORMACE ANALYSIS OF PHOTOVOLTAIC ON-GRID SYSTEM IN NEW AND RENEWABLE ENERGY LABORATORY MATARAM UNIVERSITY. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (335kB)

Abstract

PLTS pada saat ini sudah banyak diaplikasikan pada beberapa wilayah atau daerah di Indonesia, terutama untuk wilayah atau daerah terpencil yang tidak terjangkau oleh listrik PLN. Namun pembangunan PLTS yang dilakukan tidak diimbangi dengan perawatan- perawatan pada komponen-komponen peralatan PLTS yang sudah terpasang, sehingga menurunnya unjuk kerja atau kehandalan dari beberapa komponen peralatan pada PLTS. Penurunan unjuk dari suatu PLTS dapat menyebabkan menurunnya produksi energi yang dihasilkan. Sehingga peneliti ingin menganalisis unjuk kerja dari suatu PLTS On-Grid yang ada di Laboratorium Energi Baru Terbarukan Universitas Mataram. Dari hasil pengukuran dan hasil perhitungan diketahui bahwa besar nilai efisiensi modul surya yang dihasilkan pada hari pertama pengukuran berkisar diantara 4%-16%, efisiensi modul surya pada hari kedua pengukuran berkisar diantara 3%-16% dan efisiensi pada hari ketiga pengukuran berkisar diantara 3%-16%. Sedangakan besarnya rasio performa yang dihasilkan selama sehari pengukuran pada hari pertama adalah sebesar 1,733, rasio performa hari kedua adalah sebesar 1,852 dan rasio performa pada hari ketiga pengukuran adalah sebesar 2,523.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): PLTS, Unjuk Kerja PLTS, PLTS On-Grid, Efisiensi,Rasio performa.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 27 Nov 2018 06:00
Last Modified: 27 Nov 2018 06:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10716

Actions (login required)

View Item View Item