RESPON PERTUMBUHAN PADI GOGO VARIETAS SITUGINTUNG TERHADAP PEMIUPUKAN NPK, Si (SILIKAT), DAN PUPUK HAYATI DI TANAH ENTISOL LAHAN KERING KABUPATEN LOMBOK UTARA

Suyuti, Imam (2018) RESPON PERTUMBUHAN PADI GOGO VARIETAS SITUGINTUNG TERHADAP PEMIUPUKAN NPK, Si (SILIKAT), DAN PUPUK HAYATI DI TANAH ENTISOL LAHAN KERING KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL IMAM SUYUTI.pdf

Download (754kB) | Preview

Abstract

Lahan Kering di Indonesia sangat luas yaitu sekitar 67 juta hektar termasuk wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan daerah yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari lahan kering seluas 1.807.463 ha, yang memiliki berbagai tanah pasir. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pertumbuhan padi gogo varietas Situgintung terhadap pemupukan NPK, Si (Silikat) dan Pupuk Hayati di Tanah Entisol Lahan Kering Lombok Utara.Penelitian ini dilaksanakan di Desa Akar – Akar Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara.Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus sampai November 2017. Percobaan Lapangan ditata menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan perlakuan sebagai berikut:(1) Kontrol dengan pupuk hayati (Kontrol +BF), Kontrol tanpa pupuk hayati (Kontrol –BF), Pupuk NPK dengan Pupuk Hayati (NPK +BF), Pupuk NPK tanpa Pupuk Hayati (NPK-BF) 300 kg/ha, Pupuk 2NPK dengan Pupuk Hayati (2NPK+BF), Pupuk 2NPK tanpa Pupuk Hayati (2NPK –BF) 600 kg/ha, Pupuk NPKSi (Silikat) dengan Pupuk Hayati (NPKSi+BF), dan Pupuk NPKSi (Silikat) tanpa Pupuk Hayati (NPKSi-BF) Si 200 kg/ha NPK 300 kg/ha. Setiap perlakuan diulang sebanyak 3 kali sehingga diperoleh 24 petak percobaan. Penentuan tanaman sampel dilakukan dengan cara random sampling (acak). Dalam satu petak terdapat 5 sampel +BF dan 5 sampel – BF kemudian dikalikan dengan 24 petak percobaan sehingga menghasilkan 240 unit sampel tanaman.Pemupukan NPK mampu meningkatkan tinggi tanaman 47,1%, jumlah anakan sebesar 23,9%, jumlah malai sebesar 63,7%, berat berangkasan basah sebesar 55,16%, berat berangkasan kering sebesar 52,3%. Sedangkan Si (Silikat) dan Pupuk Hayati mempunyai pengaruh yang kecil untuk pertumbuhan dan hasil tanaman padi gogo Situgintung di lahan kering.Pengaruh pemupukan NPK mampu meningkatkan berat brangkasan basahsebesar 41,7% berat kering sebesar 44,2%. Sedangkan pemupukan Si dapat meningkatkan berat brangkasan basah sebesar 42,7% dan meningkatkan berat brangkasan kering sebesar 58,5%.Selanjutnya pemupukan pupuk NPK dengan dosis 300 kg/h NPK dibandingkan dengan dosis pupuk NPK 600 kg/ha mampu meningkatkan hasil brangkasan basah sebesar 46,6% dan mampu meningkatkan berat brangkasan kering sebesar 52,6%.Perlakuan 2NPK mampu meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman padi gogo varietas Situgintung dua kali lipat secara nyata lebih dari 30%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Padi Gogo Varietas Situgintung, pupuk Hayati IMR, pupuk NPK Phonska, Pupuk Silikat Agrosil
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 27 Nov 2018 05:57
Last Modified: 27 Nov 2018 05:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10750

Actions (login required)

View Item View Item