KAJIAN PROBABILITAS CURAH HUJAN HARIAN DI DAERAH LAHAN KERING SUMBAWA SEBAGAI DASAR PERENCANAAN PENANAMAN TANAMAN HORTIKULTURA

Wahyuni, Chadijah Nur (2018) KAJIAN PROBABILITAS CURAH HUJAN HARIAN DI DAERAH LAHAN KERING SUMBAWA SEBAGAI DASAR PERENCANAAN PENANAMAN TANAMAN HORTIKULTURA. S1 thesis, Universitas Mataram.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kabupaten Sumbawa didominasi lahan kering yang selama ini ditanami jagung atau kacang hijau. Pemanfaatan lahan kering untuk penanaman tanaman hortikultura berdaya hasil tinggi belum dilirik, karena petani khawatir tanamannya tidak cukup mendapatkan air dan gagal panen. Penelitan adalah penelitian deskrif yang bertujuan menetapkan awal tanam tanaman hortikultura dengan menghitung probabilitas curah hujan harian di daerah lahan kering Kabupaten Sumbawa. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar perencanaan penanaman tanaman hortikultura di lahan kering. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa dalam kurun waktu 6 bulan (November 2017-April 2018), menggunakan data curah hujan harian selama 10 tahun terakhir (2007-2017). Data dikumpulkan dari 4 stasiun penangkar curah hujan dan dianalisis probabilitas secara frekuensi komulatif relatif dengan analisis probabilitas curah hujan dalam rentang 25% dan 80%. Skenario awal tanam direkonstruksi berdasarkan komulatif frekuensi relatif curah hujan dalam rentang 25%-80% untuk menyesuaikan awal tanam dengan ketersediaan air dan evapotranspirasi. Hasil penelitan menunjukkan, bahwa berdasarkan probabilitas curah hujan di wilayah Kabupaten Sumbawa, perencanaan penanaman tanaman hortikultura untuk bawang merah dapat dilakukan pada Desember Dasarian II dan III. Tanaman cabai dapat dilakukan pada Desember Dasarian I dan III. Tanaman tomat dapat dilakukan pada Desember Dasarian II dan Januari Dasarih]an I dan mentimun dapat dilakukan pada Desember Dasarian II dan Januari Dasarian II.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): probabilitas, curah hujan harian, tanaman hortikultura, dasarian, Kabupaten Sumbawa
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 11 Dec 2018 05:19
Last Modified: 11 Dec 2018 05:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11232

Actions (login required)

View Item View Item