ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN PETANI (Studi Kasus Peralihan Usahatani Padi Ke Usahatani Ikan Di Desa Bunkate Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah)

Ratnasari, Yupi (2018) ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN PETANI (Studi Kasus Peralihan Usahatani Padi Ke Usahatani Ikan Di Desa Bunkate Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (427kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: menganalisis perbandingan pendapatan usahatani padi dan usahatani ikan, dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan petani dalam melakukan peralihan usahatani padi ke usahatani ikan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik survei dan wawancara. Unit analisis penelitian ini adalah petani padi dan petani ikan di desa Bunkate. Penelitian ini dilakukan di Desa Bunkate, berdasarkan data petani ikan terbesar di Kecamatan Jonggat. Penentuan jumlah responden menggunakan “Slovin” sebanyak 44 orang, masing-masing 22 petani padi dan 22 petani ikan. Analisis data yang digunakan adalah: analisis regresi logistik dan analisis uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan usahatani ikan lebih besar dibandingkan dengan pendapatan usahatani padi. Faktor-faktor yang mempengaruhi peralihan usahatani padi ke usahatani ikan adalah pendapatan dan modal. Luas lahan, beban keluarga dan resiko usahatani tidak berpengaruh nyata terhadap pengambilan keputusan petani melakukan peralihan usahatani padi ke usahatani ikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): peralihan usahatani, usahatani padi, usahatani ikan.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 11 Dec 2018 05:50
Last Modified: 11 Dec 2018 05:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11246

Actions (login required)

View Item View Item