PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION BERBASIS INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI SMAN 1 KEDIRI

UMAMI, SAMSUL RIZAL (2017) PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION BERBASIS INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI SMAN 1 KEDIRI. S1 thesis, UPT. Perpustakaan.

[img] Text
SKRIPSI SAMSUL RIZAL UMAMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model group investigation berbasis inquiry terhadap kemampuan metakognisi dan hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam kelas XI SMAN 1 Kediri. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan rancangan posttest only control group design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Kediri yang terdiri dari dua kelas, dengan jumlah total sebanyak 44 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan kemampuan metakognisi siswa bahwa kelas eksperimen memiliki peningkatan kemampuan metakognisi yang lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu sebesar 41,09% kemampuan metakognisi siswa sudah berkembang dengan baik sedangkan kelas kontrol sebesar 18,2%. Hasil belajar siswa berdasarkan uji hipotesis dengan uji- t diperoleh thitung sebesar 2,20, sedangkan ttabel pada taraf kepercayaan 5% dengan dk = 42 adalah 1,684. karena thitung>ttabel maka Ho ditolak atau Ha diterima yang berarti penerapan model group investigation berbasis inquiry memberikan pengaruh yang lebih baik secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam siswa kelas XI SMAN 1 Kediri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metakognisi, hasil belajar, model group investigation, inquiry, hidrolisis garam.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 14 Nov 2017 01:29
Last Modified: 14 Nov 2017 01:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1156

Actions (login required)

View Item View Item