The Application and Students’ Perception of Cooperative Learning In Reading Comprehension: A Study on the Second Grade at MTs NW Nurul Haramain Putra Narmada Academic Year 2015/2016

RAHMAWATI, WINDA PRASTIKA (2016) The Application and Students’ Perception of Cooperative Learning In Reading Comprehension: A Study on the Second Grade at MTs NW Nurul Haramain Putra Narmada Academic Year 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
E1D110091.pdf

Download (660kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berhubungan dengan penerapan dan persepsi siswa terhadap pembelajaran kooperatif di dalam pemahaman membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang penerapan dari pembelajaran kooperatif dalam pemahaman membaca, dan untuk mengetahui bagaimana murid merasakan pembelajaran kooperatif yang diterapkan guru. Target dari penelitian ini adalah siswa-siswa kelas dua MTs Nurul Haramain Putra Narmada. Dalam pengumpulan data, Pengamatan, Kuisioner, and Pengambilan Catatan digunakan. Kemudian analisis data dilakukan melalui beberapa tahap antara lain adalah penjabaran data, penampilan data, dan pengambilan kesimpulan. Dari hasil obeservasi dengan mempertimbangkan beberapa teori pembelajaraan kooperatif yang di kembangkan oleh Kagan (2009) ditemukan, (a) perhitungan yang bersifat individu untuk meningkatkan pencapaian siswa secara individu (0%), (b) ketergantungan positif antara siswa di dalam kelompok (guru memberikan pengarahaan untuk meminta tolong kepada anggota kelompok yang lain untuk memahami isi dari teks yang diberikan dalam kelompok (73, 7%), guru memberikan pengarahan kepada siswa untuk menolong atau mengajar teman kelompok yang membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan tugas yang diberian guru (81, 6%)), (c) Partisipasi siswa terhadap materi pelajaran (guru memberikan pengarahan untuk menjawab pertanyaan dari teks berdasarkan keputusan anggota (siswa) kelompok (65, 2%)), (d) Interaksi antara siswa dalam kelompok secara keseluruhan (0%) yang mana disimbolisasikan dengan PIES. Dalam penambahan terhadap ini (e) evaluasi ( giri memberikan evaluasi kepada kemampuan kelompok (80, 60%)). Dari kuisioner, penulis juga menemukan bahwa siswa juga merasakan bahwa guru memberikan pengarahan kepada siswa berdasarkan prinsip-prinsip dasar yang aspeknya sama dengan aspek yang muncul pada proses pengamatan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Kooperatif, Persepsi Siswa dan Pemahaman Membaca.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 15 Jan 2019 00:37
Last Modified: 15 Jan 2019 00:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11720

Actions (login required)

View Item View Item