THE USE OF “WHAT’S MISSING?” GAME IN TEACHING VOCABULARY: An Experimental Study at Grade 8th Student of SMPN 1 Lopok, Sumbawa in Academic Year 2016/2017

NUANSA MILYAN, NUANSA MILYAN (2017) THE USE OF “WHAT’S MISSING?” GAME IN TEACHING VOCABULARY: An Experimental Study at Grade 8th Student of SMPN 1 Lopok, Sumbawa in Academic Year 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
NUANSA MILYAN JURNAL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang penggunaan permainan "What's Missing?" dalam mengajarkan kosakata di tingkat SMP. Hal ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah permainan tersebut memberi efek signifikan untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan desain penelitian eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMPN 1 Lopok pada tahun ajaran 2016/2017, yang terdiri dari 5 kelas dan dua di antaranya digunakan sebagai sampel untuk mengumpulkan data. Kelas tersebut adalah kelas VIII.3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelompok kontrol. Setiap kelas tersebut terdiri dari 25 siswa, mereka diberikan bahan ajar yang berbeda, kelompok kontrol dengan cara konvensional sesuai dengan buku pegangan yang digunakan seperti Grammar Translation Method dan kelompok eksperimen dengan menerapkan bahan ajar berupa permainan "What's Missing Game?", Mereka telah di berikan perlakuan kelas selama 3 kali dan 80 menit di setiap pertemuan. Data dikumpulkan dari hasil pre-test dan post-test siswa. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan formula t-test. Dari hasil analisis diketahui bahwa nilai rata-rata pre-test kelompok eksperimen adalah 47,56 dan kelompok kontrol sebesar 47,08. Sedangkan nilai rata-rata post-test mereka adalah 60,92 dan 52,28. Hasil t-test adalah 2,42 sedangkan t-table adalah 2,01 pada tingkat kevalidan 0,05 (95%). Hal ini menunjukkan bahwa nilai t-test lebih tinggi dari t-tabel (2,42> 2,01). Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan game "What's Missing?" ini dapat memberikan kontribusi dan efektif untuk meningkatkan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kosakata, penguasaan, permainan "What’s Missing?"
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 22 Jan 2019 00:36
Last Modified: 22 Jan 2019 00:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11824

Actions (login required)

View Item View Item