Penggunaan Obat Off-Label pada Pasien Anak di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2017 (The Off-Label Drug Use in Children at General Hospital Nusa Tenggara Barat in 2017)

HAPSARI, RIA (2018) Penggunaan Obat Off-Label pada Pasien Anak di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2017 (The Off-Label Drug Use in Children at General Hospital Nusa Tenggara Barat in 2017). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (642kB) | Preview

Abstract

Obat off-label dapat diartikan sebagai obat yang digunakan diluar ketentuan dari kewenangan pemasaran yang berhubungan dengan dosis, indikasi, kontraindikasi, usia, dan rute pemberian. Obat off-label pada anak masih marak digunakan disebabkan penelitian klinik pada anak cukup sulit dilakukan dan tidak sesuai dengan etika penelitian sehingga berpotensi menimbulkan kesalahan dalam pengobatan dan reaksi obat yang tidak diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran penggunaan obat off-label pada pasien anak di RSUD Provinsi Nusa Tenggara Barat tahun 2017. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif survei secara retrospektif pada pasien anak usia 4-14 tahun periode Januari hingga Desember 2017 di RSUD Provinsi Nusa Tenggara Barat. Karakteristik data pasien, penggunaan obat berdasarkan ATC, dan penggunaan obat off-label untuk masing-masing kategori : dosis, indikasi, kontraindikasi, usia dan rute pemberian dikaji berdasarkan rekam medis dan literatur Drug Information Handbook, British National Formulary Children, dan IONI. Data selanjutnya disajikan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan 302 penggunaan obat pada pasien anak rawat jalan dengan 14 (4,635%) kasus obat off- label kategori usia dan 6 (1,655%) off-label kategori indikasi, sedangkan pada pasien rawat inap dari total 369 penggunaan obat ditemukan 29 (7,859%) kasus penggunaan obat off-label kategori usia, 4 (1,084%) off- label kategori indikasi dan 9 (2,439%) off-label kategori dosis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Obat Off-label, Anak, RSUD Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 25 Jan 2019 01:41
Last Modified: 25 Jan 2019 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11939

Actions (login required)

View Item View Item