COVER PENGARUH MEDIA FILM DOKUMENTER TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI GUGUS IV KECAMATAN SELONG TAHUN AJARAN 2018/2019

RAUDATUSSUFIYANI, RAUDATUSSUFIYANI (2018) COVER PENGARUH MEDIA FILM DOKUMENTER TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI GUGUS IV KECAMATAN SELONG TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI - RAUDATUSSUFIYANI [E1E014053].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media film dokumenter terhadap pembelajaran IPA kelas V gugus IV Kecamatan Selong tahun 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen, jenis Quasi Eksperimental Design tipe Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN pada gugus IV sebanyak 128 siswa di Kecamatan Selong yaitu SDN 1 Kelayu Utara, SDN 2 Kelayu Utara, SDN 1 Kelayu Selatan dan SDN 2 Kelayu Selatan. Sedangkan sampelnya adalah SDN 2 Kelayu Utara sebagai kelompok eksperimen dan SDN 1 Kelayu Selatan sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Probability sampling dengan jenis teknik Cluster Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode tes objektif, dan metode dokumentasi untuk. Data hasil belajar dianalisis menggunakan Mann Whitney U-Test. Sebelum melakukan uji hipotesis, data yang diperoleh terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Setelah dilakukan analisis diperoleh hasil Sig. sebesar 0,603 dengan taraf signifikasnsi 5%, sehingga 0,603 > 0,05 yang menunjukkan bahwa H0 diterima, artinya tidak ada pengaruh media film dokumenter terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di Gugus IV Kecamatan Selong Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Film Dokumenter, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 22 Feb 2019 08:37
Last Modified: 22 Feb 2019 08:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12225

Actions (login required)

View Item View Item