EVALUASI SALURAN DRAINASE DI PERUMAHAN REYAN PONDOK INDAH KECAMATAN GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT EVALUATION OF DRAINAGE CHANNELS IN REYAN PONDOK INDAH HOUSING IN GERUNG WEST LOMBOK REGENCY

Anggara, Dani (2018) EVALUASI SALURAN DRAINASE DI PERUMAHAN REYAN PONDOK INDAH KECAMATAN GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT EVALUATION OF DRAINAGE CHANNELS IN REYAN PONDOK INDAH HOUSING IN GERUNG WEST LOMBOK REGENCY. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
02_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perumahan yang baik idealnya adalah perumahan yang sehat, bersih, aman, dan nyaman serta memiliki saluran drainase yang memadai. Karena apabila sebuah perumahan memiliki saluran drainase yang tidak cukup untuk menampung limpasan air hujan pada areal perumahan tersebut maka akan mengakibatkan adanya genangan air hujan dan banjir, terutama ketika hujan dengan intensitas yang cukup tinggi dapat berdampak langsung pada kesehatan masyarakat, kebersihan, dan kenyamanan di sebuah perumahan. Perumahan Reyan Pondok Indah mempunyai permasalahan banjir yang sering terjadi di beberapa lokasi yang merupakan jalan atau akses menuju perumahan yang diakibatkan karena kapasitas saluran yang tidak mampu menampung debit air hujan sehingga meluap dan mengakibatkan banjir di saluran tersebut. Penelitian ini mengambil studi kasus di Perumahan Reyan Pondok Indah Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat. Langkah – langkah penelitian yang dilakukan dalam penelitian kasus ini yaitu pengumpulan data menentukan pola aliran menentukan skema jaringan drainase menentukan luas daerah tangkapan hujan analisis data hidrologi, analisis debit banjir rancangan, analisis kapasitas saluran drainase yang didapat dari saluran yang sudah ada dan evaluasi jaringan drainase, dengan membandingkan debit banjir rancangan dengan kapasitas saluran drainase maka dapat diambil kesimpulan saluran perlu diperbaiki atau tidak. Dari hasil analisis tinggi curah hujan di Perumahan Reyan Pondok Indah periode ulang 5 (lima) tahun (R5th) adalah 93,708 mm. Saluran yang tidak mampu menampung debit banjir rancangan, yaitu saluran T1, saluran T2, saluran T15, saluran T16, dan saluran S6. Saluran T1 dan saluran T2 tidak mampu menampung debit banjir rancangan disebabkan karena adanya sedimentasi yang mengendap di saluran tersebut sehingga mengurangi kapasitas saluran eksisting. Untuk mengoptimalkan kinerja saluran tersebut direkomendasikan dengan cara normalisasi. Sedangkan pada saluran T15, saluran T16, dan saluran S6b meluap karena kapasitas saluran eksistingnya sudah tidak mampu lagi menampung debit banjir rancangan kala ulang 5 (lima) tahun, untuk mengoptimalkan kinerja saluran tersebut direkomendasikan dengan cara mendimensi ulang. Hasil perubahan dimensi saluran yaitu untuk saluran T15 dengan lebar (b) = 0,3 m dan tinggi (h) = 0,4 m menjadi lebar (b) = 0,4 m dan tinggi (h) = 0,6 m, pada saluran T16 dengan lebar (b) = 0,3 m dan tinggi (h) = 0,4 m menjadi lebar (b) = 0,45 m dan tinggi (h) = 0,6 m, pada saluran S6b dengan lebar (b) = 0,3 m dan tinggi (h) = 0,4 m menjadi lebar (b) = 0,65 m dan tinggi (h) = 0,6 m, dan Pada saluran P2 c dilakukan penambahan tinggi saluran sebesar 0,1 m untuk melancarakan air pada saluran drainase eksisting, sihingga tinggi saluran P2c yaitu dari tinggi (h) = 0,5 m menjadi tinggi (h) = 0,6 m.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perumahan Reyan Pondok Indah, Banjir, Saluran
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Feb 2019 07:58
Last Modified: 25 Feb 2019 07:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12287

Actions (login required)

View Item View Item