PeningkatanAktivitasdanHasilBelajarIPS MenggunakanMetodePermainanWhat’s My Line(ApaTemaSaya) SiswaKelasIV SDN 2 Sesaot TahunPelajaran 2012/2013

YISTIANI, MELINA (2013) PeningkatanAktivitasdanHasilBelajarIPS MenggunakanMetodePermainanWhat’s My Line(ApaTemaSaya) SiswaKelasIV SDN 2 Sesaot TahunPelajaran 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
cover.docx
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
Halaman awal skripsi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text
Isi skripsi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
lampiran.doc
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 2 Sesaot. Upaya mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan Metode Permainan What’s my line (apa tema saya) pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 2 Sesaot tahun pelajaran 2012-2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunkan lembar observasi dan tes hasil belajar. Keseluruhan data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV^B SDN 2 Sesaot yang berjumlah 29 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal siklus I yaitu 51,85% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 88,89%. Demikian pula dengan aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan dari siklus I yaitu memperoleh skor 14,2 atau berkategori cukup aktif, pada siklus II menjadi 16,95 atau berkategori aktif. Sedangkan skor untuk aktivitas guru juga mengalami peningkatan yaitu dari siklus I memperoleh skor 18 atau berkategori baik, pada siklus II memperoleh skor 22,5 atau berkategori sangat baik.Dari hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengggunaan metode permainan what’s my line dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 2 Sesaot tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode What’s My Line, Aktivitas, Hasil Belajar IPS.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 22 Mar 2019 02:07
Last Modified: 22 Mar 2019 02:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13018

Actions (login required)

View Item View Item