ANALISIS HUKUM TENTANG PERUBAHAN BENTUK BADAN HUKUM PERUSAHAAN UMUM (PERUM) PEGADAIAN MENJADI PERUSAHAAN PERSEROAN (PT.PERSERO)

JUNARDI, NANDA (2016) ANALISIS HUKUM TENTANG PERUBAHAN BENTUK BADAN HUKUM PERUSAHAAN UMUM (PERUM) PEGADAIAN MENJADI PERUSAHAAN PERSEROAN (PT.PERSERO). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NANDA JUNARDI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)

Abstract

Penelitian ini disusun untuk mengetahui akibat hukum dari perubahan bentuk badan hukum dari perusahaan umum (perun) pegadaiaan menjadi perusahaan Perseroan (persero) penelitian hukum normatif dengan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual dan pendekatan kasus. Perubahan status Perum menjadi PT.Pegadaian (Persero) diataur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2011, Hal ini mengacu pada Pasal 29 Undang-Undang Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menyatakn bahwa perubahan bentuk badan hukum BUMN diatur dengan Peraturan Pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan perlunya perubahan perum menjadi PT.Pegadaian (Persero) serta akibat hukum dari perubahan tersebut. Jeneis penelitian yang digunakan adalah penelitian normative yaitu penelitian yang digunakan untuk mengkaji peraturan perundang-undangan, kaidah kaidah hukum, teori-teori yang berhubungan dengan perubahan bentuk hukum BUMN. Hasil penelitian menunjukakan bahwa dalam perubahan bentuk hukum tersebut telah sesuain prosedur yang tidak menyimang dari Undang-Undang serta peraturan lainnya. PT Pegadaian (Persero) telah melakukan berbagai langkah inovatif dalam ranggka meingkatkan asset prusahaan. Diantaranya adalah menambah direktur bisnis yang semula hanyak satu menjadi tiga direktur, serta meuncurkan produk usaha gadai an fidusia serta pembiayaan lain yanga bersaing dengan elaku usaha sejenis. Perubahan tersebut dilakukan karnadalam bentuk hukum perum terdapat beberapa Peraturan Perundang-Undangan yang membatasi bisnis gadai. Dalam bentuk hukukm PT. Pegadaian (Persero) akan lebih fleksibel dan berkembang karna tidak akan lagi peraturan dan Perundang-undangan yang membatasinya, masyarakan akan semakin banyak yang dapat dilibatkan dalam perkembangan bisnis gadai dan pembiayaan. Dengan demikian prekonomian dan kesejahteraan masyarakat diharapkan akan meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perum, PT. Pegadaian (Persero)
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 27 Mar 2019 02:00
Last Modified: 27 Mar 2019 02:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13165

Actions (login required)

View Item View Item