HUBUNGAN ANTARA KEJADIAN PNEUMONIA DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYI YANG DIRAWAT INAP DI BANGSAL ANAK RUMAH SAKIT UMUM MATARAM

Nurhasanah, Siti (2010) HUBUNGAN ANTARA KEJADIAN PNEUMONIA DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYI YANG DIRAWAT INAP DI BANGSAL ANAK RUMAH SAKIT UMUM MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Bagian Depan.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Naskah KTI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)

Abstract

Latar belakang masalah dan tujuan: Pneumonia merupakan penyebab utama morbiditas dan mortalitas anak berusia di bawah lima tahun (balita), terutama di Nusa Tenggara Barat. Air Susu Ibu pada masa bayi merupakan nutrisi yang terbaik dan terpenting untuk mencapai tumbuh kembang yang optimal. Dewasa ini, terdapat kecenderungan menurunnya pemberian ASI ekslusif, padahal pemberian ASI tersebut akan memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit salah satunya pneumonia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kejadian pneumonia dengan pemberian ASI eksklusif pada bayi di RSU Mataram. Metode: Penelitian ini menggunakan analisis observasional dengan pendekatan cross-sectional, dimana pengambilan data dilakukan dengan wawancara terstruktur terhadap ibu bayi mengenai riwayat pemberian makan/minum pada bayinya. Sampel penelitian ini adalah bayi usia 6-12 bulan dengan pneumonia yang menjalani rawat inap di bangsal anak Rumah Sakit Umum Mataram periode Desember 2008-Juli 2009 dan dipilih dengan cara Consecutive sampling. Data dianalisis dengan uji Chi Square. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasien pneumonia lebih banyak pada bayi yang mendapatkan ASI saja (52%) dibandingkan dengan bayi yang mendapatkan ASI dan cairan/makanan lainnya (48%). Pada uji Chi Square, pemberian ASI ekslusif pada bayi tidak berhubungan secara bermakna dengan kejadian pneumonia dengan p=0,580 (p>0,05; CI 95%). Kesimpulan: bahwa tidak terdapat hubungan yang bermakna antara pemberian ASI eksklusif terhadap kejadian pneumonia pada bayi yang dirawat inap di bangsal anak (bangsal dahlia) Rumah Sakit Umum Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pneumonia, ASI eksklusif, bayi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 28 Mar 2019 02:25
Last Modified: 28 Mar 2019 02:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13228

Actions (login required)

View Item View Item