PERTUMBUHAN DAN HASIL EMPAT GALUR PADI BERAS MERAH YANG DITANAM BERSAMA BEBERAPA JENIS KACANG-KACANGAN PADA SISTEM AEROBIK

Hardianti, Eti (2019) PERTUMBUHAN DAN HASIL EMPAT GALUR PADI BERAS MERAH YANG DITANAM BERSAMA BEBERAPA JENIS KACANG-KACANGAN PADA SISTEM AEROBIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Ety @11--29Mei'2019_Review-8Juni'19.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pertumbuhan dan hasil empat galur padi beras merah yang ditanam bersama beberapa jenis kacang-kacangan dan tanpa kacang- kacangan pada sistem aerobik. Metode yang digunakan ialah metode eksperimental yang dilakukan di lapangan, pada bulan Desember 2017 sampai bulan April 2018 di Dusun Dasan Tebu, Desa Ombe Baru Kecamatan Kediri Lombok Barat, Rancangan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan percobaan dua faktor yang terdiri dari galur padi beras merah ( MG4, MG10, AM4, AM10) dan pola tanam (tunggal dan bersama kacang- kacangan), 16 kombinasi perlakuan yang di ulang sebanyak 3 kali sehingga diperoleh 48 pot percobaan. Berdasarkan hasil Uji Analisis Sidik Ragam dengan taraf 5%. Faktor galur berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman umur 70 hst, rata-rata jumlah malai dan berat 100 butir gabah berisi, dan galur yang terbaik adalah MG4, akan tetapi berdasarkan pada jumlah malai per pot, galur MG10 menghasilkan jumlah malai tertinggi. Pola tanam berpengaruh terhadap tinggi tanaman padi beras merah umur 70 hst, rata-rata panjang malai, jumlah malai per pot, jumlah gabah berisi per pot, persentase gabah hampa, dan berat gabah berisi per pot, sedangkan pola tanam yang terbaik adalah pola tanam padi beras merah yang ditanam bersama kacang tanah. Terdapat interaksi antara pola tanam dan galur terhadap laju pertambahan jumlah anakan, tinggi tanaman umur 70 hst, jumlah daun umur 84 hst, jumlah anakan umur 84 hst, rata-rata panjang malai, jumlah malai per pot, jumlah gabah berisi per pot, hasil gabah per pot, dan berat jerami kering per pot. Berdasarkan hasil gabah per pot, galur MG4 paling baik jika ditanam bersama kacang tanah (setara 4,19 ton/ha) atau kedelai (setara 3,85 ton/ha), galur AM4 (setara 3,72 ton/ha) dan AM10 (setara 3,97 ton/ha) paling baik jika ditanam bersama kacang tanah, sedangkan galur MG10 paling baik jika ditanam bersama kacang hijau (setara 4,89 ton/ha), dan semua galur padi beras merah hasil bijinya lebih tinggi pada penanaman bersama kacang-kacangan dibandingkan dengan secara monokrop (rata-rata setara 2,90 ton/ha).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Galur Padi Beras Merah, Pola tanam, Sistem Aerobik
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 01 Jul 2019 04:06
Last Modified: 01 Jul 2019 04:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14047

Actions (login required)

View Item View Item