MOTILITAS DAN FERTILITAS SPERMATOZOA AYAM KAMPUNG DENGAN PENGENCER TRIS KUNING TELUR DITAMBAH FILTRAT JAMBU BIJI PADA SIMPAN DINGIN 40C

SOPIANDI, ALFAN HARIS (2019) MOTILITAS DAN FERTILITAS SPERMATOZOA AYAM KAMPUNG DENGAN PENGENCER TRIS KUNING TELUR DITAMBAH FILTRAT JAMBU BIJI PADA SIMPAN DINGIN 40C. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ALFAN HARIS SOPIANDI (B1D014017).docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh filtrat jambu biji pada pengencer tris kuning telur terhadap motilitas dan fertilitas spermatozoa ayam kampung yang disimpan pada suhu 40C. Penelitian ini telah dilakukan di Laboratorium Reproduksi Ternak Fakultas Peternakan Universitas Mataram. Bahan penelitian ini menggunakan spermatozoa dari dua ekor ayam kampung pejantan dengan umur ± 1,5 tahun, ditampung menggunakan collector cup yang dipasangkan di kloaka. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap pola faktorial dengan tiga perlakuan, tris kuning telur sebagai kontrol (P0), 5% filtrat jambu biji (P1) dan 10% jambu biji (P2) kemudian disimpan selama 36 jam. Kemudian melakukan inseminasi buatan dengan konsentrasi spermatozoa 50 juta dan 100 juta untuk mengetahui fertilitas dan daya tetas telur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh penambahan filtrat jambu biji di setiap level perlakuan tidak memberikan pengaruh yang nyata (P>0,05) terhadap motilitas spermatozoa ayam kampung, hasil menunjukkan motilitas terbaik pada penyimpanan 0 jam (84,05%) dan 12 jam (71,50%) dengan pengencer tris kuning telur. Selanjutnya persentase fertilitas telur dengan konsentrasi 100 juta yaitu 67,5% dan dengan konsentrasi spermatozoa 50 juta tingkat fertilitas sebanyak 47,62%. Periode fertil dan daya tetas telur pada konsentrasi spermatozoa 100 juta lebih efektif dan dapat bertahan selama 4 hari kemudian di inseminasikan kembali setelah 3 hari telur fertil untuk memperoleh kesuburan yang tinggi. Periode fertil dan daya tetas telur dengan konsentrasi 50 juta lebih efisien dan dapat bertahan selama 3 hari, kemudian dapat di inseminasikan kembali setelah 2 hari periode fertil untuk memperoleh kesuburan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ayam kampung, daya tetas, filtrat jambu biji, fertilitas, inseminasi buatan, spermatozoa, tris kuning telur.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 12 Jul 2019 08:36
Last Modified: 12 Jul 2019 08:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14110

Actions (login required)

View Item View Item