WIRATAMI, DESI AYU (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH KELAS X DI SMAN 1 LEMBAR. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI_DESI_AYU_WIRATAMI_E1A014010.pdf Restricted to Repository staff only Download (32MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik pada penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan model pembelajaran berbasis masalah kelas X di SMAN 1 Lembar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experiment). Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-test Post-test Non Control Grup Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X SMAN 1 Lembar tahun pelajaran 2018/2019. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling sehingga terpilih kelas X MIPA 2 sebagai kelas yang mendapatkan perlakuan model pembelajaran berbasis proyek dan X MIPA 3 sebagai kelas yang mendapakan perlakuan model pembelajaran berbasis masalah. Instrumen yang digunkan adalah tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar kognitif peserta didik. Data dianalisis menggunakan teknik independent sample t-test dengan taraf signifikansi 95% menggunakan program SPSS 21 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t-test yaitu 0.064 lebih dari 0,05 dengan taraf signifikansi 95%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan model pembelajaran berbasis masalah kelas X di SMAN 1 Lembar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 09 Aug 2019 10:06 |
Last Modified: | 09 Aug 2019 10:06 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14250 |
Actions (login required)
View Item |