PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SDN 42 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Ningsih, Silda (2019) PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SDN 42 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi silda ningsih,,,,.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN 42 Mataram tahun pelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 42 Mataram. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V/A dan V/B, dimana dalam penelitian ini yang menjadi kelas eksperimen yaitu kelas V/A yang berjumlah 24 siswa dan kelas V/B yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen pembelajaran menggunakan media video pembelajaran sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran menggunakan konvensional. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda. Hipotesis dalam penelitian ini di uji dengan menggunakan uji t polled varian. Hasil analisis, di peroleh thitung = 4,86 dan ttabel = 1,94 dan berdasarkan hasil dari uji gain ternormalisasi didapat rata-rata peningkatan gain ternormalisasi sebesar 0,212 dan berkategori rendah pada kelas kontrol dan didapat rata-rata peningkatan gain ternormalisasi sebesar 0,578 dan berkategori sedang pada kelas eksperimen. Kesimpulannya, ada pengaruh media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA di SDN 42 Mataram tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Video Pembelajaran, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 09 Aug 2019 10:06
Last Modified: 09 Aug 2019 10:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14258

Actions (login required)

View Item View Item