MODAL SOSIAL DALAM TATA KELOLA KELEMBAGAAN HUTAN KEMASYARAKATAN (HKm) (Studi Kasus Kelompok Masyarakat Pelestari Hutan (KMPH) Mitra Sesaot, Kabupaten Lombok Barat)

Suari, Aditya Aprian (2019) MODAL SOSIAL DALAM TATA KELOLA KELEMBAGAAN HUTAN KEMASYARAKATAN (HKm) (Studi Kasus Kelompok Masyarakat Pelestari Hutan (KMPH) Mitra Sesaot, Kabupaten Lombok Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Full Skripsi Aditya PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dengan judul ‘’Modal Sosial dalam Tata Kelola Kelembagaan Hutan Kemasyarakatan (HKm) (Studi Kasus Kelompok Masyarakat Pelestari Hutan (KMPH) Mitra Sesaot)’’ ini mengambil lokasi di Kawasan Hutan Lindung Sesaot yang merupakan lokasi awal diujicobakannya Program HKm seluas 25 ha dengan penggarap sebanyak 58 orang yang difasilitasi oleh LP3ES-NTB dan Dinas Kehutanan Provinsi NTB dengan dukungan pendanaan dari Ford Foundation. Fokus utama dalam penelitian ini adalah dinamika sejarah pengelolaan Hutan Sesaot dan aspek tata kelola kelembagaan HKm yang di dalamnya tertambat berbagai modal sosial pada Kelompok Masyarakat Pelestari Hutan (KMPH) Mitra Sesaot yang merupakan salah satu kelompok tani penggarap Hutan Kemasyarakatan (HKm). Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk modal sosial yang tertambat dalam kelembagaan KMPH- Mitra Sesaot yang membantu para anggota dalam mencapai tujuan dari adanya Program Hutan Kemasyarakatan (HKm). Penelitian ini menggunakan teori dan konsep modal sosial dari James S. Coleman yang lahir dari teori pilihan rasional miliknya. Penelitian ini juga menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus sehingga pengumpulan data dan informasi menggunakan teknik wawancara mendalam (Indept Interview), observasi lapangan dan hasil dokumentasi berupa foto serta dokumen-dokumen lain yang didapat dari berbagai pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 bentuk modal sosial yang tertambat pada kelembagaan KMPH Mitra Sesaot yakni: Budaya Besiru, Awig- awig dan Relasi jaringan dengan pihak luar. Ketiga modal sosial tersebut membantu para anggota kelompok dalam menfasilitasi tujuan dan fungsi dari Program Hutan Kemasyarakatan yakni: Fungsi Konservasi, Fungsi Solidaritas

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hutan Kemasyarakatan (HKm), Modal Sosial, KMPH Mitra Sesaot
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 23 Sep 2019 03:25
Last Modified: 23 Sep 2019 03:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14596

Actions (login required)

View Item View Item