EVALUASI STRUKTUR PELAPISAN DAN MEKANISME RUNTUHAN TANAH DI BAWAH JEMBATAN LUK BARAT KECAMATAN GANGGA PASCA GEMPA LOMBOK 2018 Evaluation of Structural Layers And Failure Mechanism of Soils Under The Luk Barat Bridge In The Gangga Subdistrict After Lombok Earthquake 2018

Afiefah, Iffa Nurul (2019) EVALUASI STRUKTUR PELAPISAN DAN MEKANISME RUNTUHAN TANAH DI BAWAH JEMBATAN LUK BARAT KECAMATAN GANGGA PASCA GEMPA LOMBOK 2018 Evaluation of Structural Layers And Failure Mechanism of Soils Under The Luk Barat Bridge In The Gangga Subdistrict After Lombok Earthquake 2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir Iffa Nurul Afiefah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan peta gempa Indonesia, Lombok masuk kedalam zona rawan gempa. Karena Pulau Lombok terletak di garis pertemuan dua lempeng tektonik sehingga Pulau Lombok sering diguncang gempa. Jembatan Luk Barat terletak pada bagian utara Pulau Lombok mengalami kerusakan atau deformasi yang terjadi karena gempa berturut-turut yang mengguncang Pulau Lombok pada tahun 2018 dengan skala lebih dari 5 SR. Kerusakan yang terjadi pada jembatan diduga akibat tanah yang mengalami keruntuhan akibat gaya gempa. Penelitian yang dilakukan yaitu pendugaan lapisan tanah yang ada di bawah jembatan Luk Barat yang mengalami kerusakan menggunakan geolistrik tahanan jenis konfigurasi wenner. Penelitian dilakukan di sekitar jembatan dengan menggunakan 4 lintasan, dengan posisi memotong dan melintang jembatan. Dari hasil penelitian didapatkan lapisan tanah pada lintasan 1 dan lintasan 2 ialah dimulai dari batuan kerikil/gravel kemudian lanau dan terakhir lempung, kemudian pada lintasan 3 dan 4 dimulai dari batuan kerikil/gravel kemudian berangkal/boulders dan lempung. Terlihat dari lapisan tanah yang didapatkan dari hasil pengukuran bahwa terjadi mekanisme runtuhan tanah yang berupa patahan jenis lateral slip fault.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Gempa, Jembatan Luk Barat, Geolistrik, Runtuhan.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 03 Dec 2019 03:54
Last Modified: 03 Dec 2019 03:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15067

Actions (login required)

View Item View Item