PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII A DI SMPN 4 PUJUT MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATI TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)

SUBHAN, LALU GDE MUHAMAD (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII A DI SMPN 4 PUJUT MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATI TIPE THINK PAIR SHARE (TPS). S1 thesis, UPT. Perpustakaan.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berbicara siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia, ini dilihat dari hasil observasi peneliti di SMPN 4 Pujut. Penyebabnya adalah guru kurang inovatif dalam menerapkan model pembelajaran, siswa kurang terampil berbicara, seperti kurang berani, kurang antusias, masih bermalas-malasan, dan kurang leluasa dalam pembelajaran berbicara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Pujut menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dari segi proses pembelajaran?; 2) bagaimanakah peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Pujut menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dari segi hasil pembelajaran?. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Tujuannya untuk mengetahui peningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VIII A di SMPN 4 Pujut. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berbicara siswa menggunakan model Think Pair Share (TPS) pada siklus I dari 22 siswa memperoleh nilai rata-rata kelas 76,14 dengan ketuntasan klasikal 68,18%. Kemudian pada siklus II dari 22 siswa memperoleh nilai rata-rata kelas 80,36 dengan ketuntasan klasikal 86,36%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas VIII A SMPN 4 Pujut pada tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keterampilan Berbicara, Strategi Pembelajaran Think Pair Share (TPS).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 24 Feb 2018 06:57
Last Modified: 24 Feb 2018 06:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1523

Actions (login required)

View Item View Item