MODEL OPTIMASI DENGAN FUNGSI TUJUAN GANDA UNTUK SISTEM SUMBER DAYA AIR DAS JANGKOK Multi-Objective Optimization Model For Jangkok Watershed System

NANI, SYAHRATUN (2020) MODEL OPTIMASI DENGAN FUNGSI TUJUAN GANDA UNTUK SISTEM SUMBER DAYA AIR DAS JANGKOK Multi-Objective Optimization Model For Jangkok Watershed System. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR - SYAHRATUN NANI - F1A014139 - OPTIMASI TUJUAN GANDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Daerah Aliran Sungai (DAS) Jangkok merupakan salah satu DAS yang berada di Wilayah Sungai Pulau Lombok. Disepanjang DAS Jangkok terdapat 7 buah bendung yang melayani areal irigasi di DAS Jangkok seluas 2.919 ha serta 2 bangunan pembagi air yang mengalirkan air ke saluran HLD (High Level Diversion) Jangkok-Babak yang merupakan saluran interkoneksi antar DAS di Pulau Lombok yang berguna untuk menyuplai kelebihan air dari DAS Jangkok ke daerah irigasi Lombok bagian Selatan. Selain saluran HLD terdapat pula saluran suplesi Sesaot-Gebong yang juga menyuplai air untuk kebutuhan irigasi di luar daerah irigasi DAS Jangkok. Optimasi diperlukan guna memaksimalkan pemanfaatan ketersediaan air di DAS Jangkok untuk kebutuhan irigasi daerah irigasi yang berada di DAS Jangkok serta alokasi air ke saluran HLD Jangkok-Babak dan ke saluran suplesi Sesaot-Gebong. Kebutuhan air dalam studi ini merupakan kebutuhan air irigasi dengan ketersediaan air pada kondisi tahun kering, tahun normal dan tahun basah. Data yang dimiliki merupakan data sekunder dengan periode 15 harian. Kebutuhan air dihitung di 7 daerah irigasi yang ditinjau. Begitu pula dengan ketersediaan air di bendung yang dihitung dengan menjumlahkan debit di setiap intake dan mercu bendung. Dari data tersebut akan dihitung berapa jumlah alokasi air optimum yang dapat dialirkan. Optimasi dilakukan untuk setiap bendung di daerah irigasi serta untuk saluran HLD Jangkok-Babak dan saluran suplesi Sesaot-Gebong. Hasil yang didapat yaitu setiap solusi alokasi air pada masing-masing tahun perencanaan untuk setiap fungsi tujuan menghasilkan solusi yang non-inferior, dimana saat fungsi tujuan yang satu mendapat alokasi air tinggi, fungsi tujuan yang lain akan mendapat alokasi air yang lebih rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): DAS Jangkok, multi obyek, optimasi, algoritma genetika
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 28 Jan 2020 02:11
Last Modified: 28 Jan 2020 02:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15278

Actions (login required)

View Item View Item