HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN SMARTPHONE DENGAN KUALITAS TIDUR PADA SISWA SMAN 1 MATARAM DI KOTA MATARAM DAN SMAN 1 GUNUNGSARI DI KABUPATEN LOMBOK BARAT NASKAH PUBLIKASI

Hariani, Yunda Riana Dini (2020) HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN SMARTPHONE DENGAN KUALITAS TIDUR PADA SISWA SMAN 1 MATARAM DI KOTA MATARAM DAN SMAN 1 GUNUNGSARI DI KABUPATEN LOMBOK BARAT NASKAH PUBLIKASI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
2. NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)

Abstract

Latar Belakang : Penggunaan Smartphone semakin meningkat selama dekade terakhir ini terutama pada kalangan remaja. Penggunaan yang berlebihan dapat menghadirkan kebiasaan tidak sehat dan tidak terkontrol yang disebut dengan kecanduan. Paparan cahaya biru smartphone dapat mengganggu irama sirkadian sehingga mempengaruhi kualitas tidur. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara penggunaan smartphone dengan kualitas tidur pada siswa SMAN 1 Mataram di Kota Mataram dan SMAN 1 Gunungsari di Kabupaten Lombok Barat. Metode : Penelitian ini merupakan suatu penelitian deskriptif analitik dengan metode cross sectional terhadap 150 siswa yang diambil menggunakan purposive sampling. Data kecanduan smartphone dikumpulkan dengan cara pengisian kuesioner Smartphone Addiction Scale-Short Version dan data kualitas tidur dikumpulkan dengan cara pengisian kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index. Data dianalisis menggunakan uji statistik Gamma. Hasil : Pada penelitian ini menunjukkan 77 siswa (51,3%) mengalami kecanduan smartphone dan 55 siswa (26,7%) memiliki risiko tinggi kecanduan smartphone, sedangkan ditinjau dari kualitas tidur didapatkan 90 siswa (60%) mengalami kualitas tidur buruk. Berdasarkan analisis uji statistik Gamma didapatkan nilai signifikansi p=0,017 dan nilai koefisien korelasi r=-0,339. Simpulan : Terdapat hubungan bermakna antara penggunaan smartphone dengan kualitas tidur siswa. Sehingga diharapkan agar siswa dapat mengontrol penggunaan smartphone untuk mengurangi risiko kualitas tidur yang buruk.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penggunaan smartphone, Kualitas tidur, Siswa,
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Feb 2020 00:59
Last Modified: 18 Feb 2020 00:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15381

Actions (login required)

View Item View Item