ASPEK HUKUM PERSEKONGKOLAN TENDER PENANGANAN JALAN JEMBATAN (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI MATARAM NOMOR 95/PDT.G.PLW/2010/PN.MTR.)

Candrawidodo, Prastya Hadi (2020) ASPEK HUKUM PERSEKONGKOLAN TENDER PENANGANAN JALAN JEMBATAN (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI MATARAM NOMOR 95/PDT.G.PLW/2010/PN.MTR.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kasus posisi persekongkolan tender penanganan jalan jembatan pada Putusan Pengadilan Negeri Mataram Nomor 95/PDT.G.PLW/2010/PN.MT. dan untuk mengetahui dan menganalisis kesesuaian pertimbangan hakim dengan peraturan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Penelitian ini menggunakan penelitian hukum normatif, dengan pendekatan perundang-undangan, pendekatan kasus dan pendekatan konsep. Perkara persekongkolan tender bermula dari laporan masyarakat. Paket yang menjadi obyek perkara adalah: Tender Penanganan Jalan dan Jembatan Kabupaten Bima oleh Dinas Pekerjaan Umum Bidang Bina Marga Kabupaten Bima Tahun Anggaran 2009 yaitu 3 (tiga) paket. Hakim berpendapat salah satu unsur dalam Pasal 22 UU No. 5 Tahun 1999 tidak terpenuhi. Putusan Hakim sesuai dengan ketentuan Pasal 22, dimana terpenuhinya unsur, adanya kesamaan format penulisan dan kesalahan penulisan dalam lampiran dokumen penawaran. Namun, putusan hakim keliru apabila berdasar Peraturan KPPU Nomor 2 Tahun 2010 yang memperluas makna tender.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Persekongkolan, Tender, Putusan Hakim.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 21 Feb 2020 09:04
Last Modified: 21 Feb 2020 09:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15446

Actions (login required)

View Item View Item