Meningkatkan Sosial Emosional Anak Kelompok B Melalui Bermain Peran Di TK Dharma Wanita Kotaraja Tahun Pelajaran 2019/2020

BAIQ TIRA, MARIANI (2020) Meningkatkan Sosial Emosional Anak Kelompok B Melalui Bermain Peran Di TK Dharma Wanita Kotaraja Tahun Pelajaran 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sosial emosional masing-masing individu berbeda-beda hal ini dapat dilihat ketika anak sedang bermain atau melakukan kegiatan di dalam maupun di luar kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sosial emosional anak kelompok B melalui bermain peran di TK Dharma Wanita Kotaraja. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian diambil sebanyak 10 anak yaitu 6 anak perempuan dan 4 anak laki-laki. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Menggunakan analisis deskriptif Kemmis dan Mc. Taggart untuk menganalisis instrumen penelitian. Data yang didapatkan peneliti disajikan dalam bentuk tabel yang kemudian dideskripsikan berdasarkan indikator yang digunakan. Langkah-langkah bermain peran yang digunakan yaitu mengenalkan alat yang akan digunakan saat bermain peran, membagi anak menjadi beberapa kelompok, membuka wawasan anak terkait dengan kegiatan yang akan dilakukan, menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan, memberika kesempatan kepada anak untuk bermain peran yang diinginkan, memberikan kesempatan kepada anak untuk menceritakan peran yang dimainkan, meminta anak untuk membereskan alat main yang sudah digunakan bersama teman-temannya. Dengan langkah-langkah tersebut didapatkan hasil dari penelitian yang menunujukkan bahwa sosial emosional anak berkembang dengan baik dilihat dari hasil capaian sosial emosional yang terus meningkat dari siklus I, II, dan III. Dari siklus I diperoleh hasil 64,3%, siklus II 76,6%, dan siklus III 80,6% artinya anak berkembang sangat baik. Dari hasil persentase di atas dapat disimpulkan bahwa melalui bermain peran yang diterapkan dengan tepat, maka dapat meningkatkan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Kotaraja Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Sosial Emosional, Bermain Peran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Apr 2020 03:07
Last Modified: 02 Apr 2020 03:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15612

Actions (login required)

View Item View Item