IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK HABITAT YANG DIGUNAKAN OLEH MERAK HIJAU (Pavo muticus) DI RESORT BAMA KRAMAT SEKSI BEKOL TAMAN NASIONAL BALURAN

BAIQ, WANESI MAWANGI (2020) IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK HABITAT YANG DIGUNAKAN OLEH MERAK HIJAU (Pavo muticus) DI RESORT BAMA KRAMAT SEKSI BEKOL TAMAN NASIONAL BALURAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
DATA SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Merak hijau (Pavo Maticus) merupakan salah satu satwa yang dilindungi oleh undang- undang sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 7 Tahun 1999 Tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar. Berdasarkan informasi yang didapat populasi dari merak hijau (Pavo Maticus) dikatakan dalam keadaan relatif menurun, hal ini disebabkan oleh beberapa fakor diantaranya adalah fregmentasi habitat dan pemburuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karaktreistik habitat yang digunakan oleh merak hijau (Pavo Maticus) yang diharapkan dapat memberikan kontribusi data dalam pengelolaan satwa merak hijau (Pavo Maticus) demi kelestariannya. Penelitian ini dianalisis secara deskriftif dan kualitatif. Hasil dari penelitian adalah karaktristik habitat yang digunakan merak hijau (Pavo Maticus) berupa hutan savana dimana merak hijau (Pavo Maticus) memanfaatkan beberapa jenis vegetasi yang ada didalamnya. Merak hijau (Pavo Maticus) menggunakan beberapa vegetasi sebagai tempat beraktifitas seperti makan dan minum, tidur, bertegger, berteduh dan berlindung, serta kawin. Karaktreistik pohon yang digunakan merak hijau dalam beraktifitas adalah pohon dengan tinggi 6 - 14,20 m, diameter berukuran 19 - 66 m, dengan tajuk yang tidak terlalu rimbun berkisar antara 1,41 - 8,99 m². Jenis vegetasi tersebut diantaranya adalah gebang (Corypha utan Lamk), pilang (Acacia leucophloea), bidara (Zizyohus mauritiana Lamk) mimba (Azadirachta indica A.Juss, widoro (Zizyphus rotundifolia Lam) dan asem (Temarindus indica L). Untuk aktivitas makan merak hijau (Pavo Maticus) memanfaatkan 13 jenis tumbuhan bahwah, diantaranya adalah kemangi (Ocimum cantum Sims), bunga sidaguri (Sida Acuta Burm), rumput gajian (Schlerachene punctata R.Br) dan tumbuhan bawah lainnya. Sedangkan untuk minum merak hijau (Pavo Maticus) akan memanfaatkan kubangan alami maupun buatan di sekitar tempat merak hijau (Pavo Maticus) beraktifitas, merak hijau (Pavo Maticus) juga memanfaatkan air embun atau sisa dari hujan yang ada pada daun-daun untuk diminum.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci ; Mereak hijau (Pavo Maticus), Satwa, Karakteristik, Habitat
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Jun 2020 01:09
Last Modified: 24 Jun 2020 01:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15932

Actions (login required)

View Item View Item