IRA, INDRIANINGSIH (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas II SDN 2 Dasan Geria Tahun Pelajaran 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI IRA INDRIANINGSIH E1E016056.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas II SDN 2 Dasan Geria tahun pelajaran 2019/2020. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design tipe Nonequivalen Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Nilai rata-rata postest siswa kelas eksperimen sebesar 76,76 sedangkan kelas kontrol 70,38. Selanjutnya data hasil belajar dianalisis menggunakan uji nonparametrik, diperoleh hasil nilai Sig.2-tailed < 0,05 (0,003 < 0,05) pada taraf kepercayaan 95%. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas II SDN 2 Dasan Geria tahun pelajaran 2019/2020. Peneliti menyarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match sebagai salah satu alternatif dalam penyelesaian masalah hasil belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 29 Jun 2020 01:53 |
Last Modified: | 29 Jun 2020 01:53 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15960 |
Actions (login required)
View Item |