TINJAUAN HUKUM KELUARGA ISLAM TERHADAP PERSOALAN NAFKAH SEBAGAI PENYEBAB TERJADINYA PERCERAIAN ( STUDI PUTUSAN PENGADILAN AGAMA MATARAM NO:0492/Pdt.G/2016/PA.Mtr.)

NAURAH, NADHIFAH SALSABILA (2020) TINJAUAN HUKUM KELUARGA ISLAM TERHADAP PERSOALAN NAFKAH SEBAGAI PENYEBAB TERJADINYA PERCERAIAN ( STUDI PUTUSAN PENGADILAN AGAMA MATARAM NO:0492/Pdt.G/2016/PA.Mtr.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NAURAH NADHIFAH SALSABILA (D1A116201).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persoalan nafkah menjadi salah satu penyebab terjadinya perceraian yang ditinjau dari Hukum Keluarga Islam, serta menjelaskan bagaimana akibat hukum dari perceraian karena faktor nafkah dengan studi Putusan Pengadilan Agama Mataram No:0492/Pdt.G/2016/PA.Mtr. Metode penelitian dalam penyusunan skripsi ini adalah penelitian hukum normatif empiris, dengan metode pendekatan kasus, pendekatan perundang – undangan, dan pendekatan sosiologis. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa persoalan nafkah dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya perceraian yang ditinjau dari hukum keluarga Islam dikarenakan 3 hal yaitu, suami nusyus, istri nusyus, dan syiqaq. Berdasarkan fakta – fakta dalam putusan No:0429/Pdt.G/2016/PA.Mtr akibat hukum dari perceraian karena faktor nafkah dan lain hal, pengadilan mewajibkan kepada bekas suami untuk memberikan biaya penghidupan dan/atau menentukan sesuatu kewajiban bagi bekas istri. Hendaknya sebelum melakukan pernikahan antara calon suami istri lebih dimantapkan dalam hal persiapan jasmani maupun rohani dan kepada para pejabat di Pengadilan Agama, agar dapat memutuskan perkara yang berkaitan dengan faktor nafkah ini dengan lebih teliti dan cepat agar tidak menimbulkan mudharat bagi salah satu pihak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Tinjauan Hukum Keluarga Islam, Nafkah, Perceraian
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jul 2020 08:33
Last Modified: 27 Jul 2020 08:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16388

Actions (login required)

View Item View Item