PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM GENERIK SAINS MATA KULIAH KIMIA BAHAN ALAM: ISOLASI SENYAWA ASAM ANAKARDAT DARI KULIT BIJI JAMBU METE

AYU, RIZKI MUJIYANTI (2020) PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM GENERIK SAINS MATA KULIAH KIMIA BAHAN ALAM: ISOLASI SENYAWA ASAM ANAKARDAT DARI KULIT BIJI JAMBU METE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengetahui: (1) langkah-langkah proses pengembangan modul praktikum kimia bahan alam berbasis generik sains tentang isolasi asam anakardat dari kulit biji jambu mete. (2) Tingkat validitas serta kepraktisan modul praktikum kimia bahan alam berbasis generik sains tentang isolasi asam anakardat dari kulit biji jambu mete yang sudah dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D (define, design, develop, and dissemination). Populasi dalam penelitian ini meliputi 80 orang mahasiswa program studi pendidikan kimia tahun akademik 2017/2018 yang sedang memprogramkan mata kuliah kimia bahan alam. Sampel penelitian yaitu tujuh mahasiswa yang diambil secara acak dan kemudian dijadikan responden untuk uji coba terbatas. Hasil penelitian menunjukkan nilai validitas dari tiga orang validator yang diperoleh menggunakan indeks Aiken adalah V = 0,6 yang menunjukkan bahwa modul praktikum praktikum kimia bahan alam berbasis generik sains tentang isolasi asam anakardat dari kulit biji jambu mete telah valid dan layak digunakan. Sementara itu, kepraktisan dapat dilihat dari respon mahasiswa dan dosen yang menunjukkan respon positif dengan rata-rata kepraktisan semua komponen sebesar 81% respon mahasiswa dan 81% respon dosen. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul praktikum kimia bahan alam berbasis generik sains tentang isolasi asam anakardat dari kulit biji jambu mete yang dikembangkan bersifat valid dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pengembangan, Modul Praktikum, Kimia Bahan Alam, Asam Anakardat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2020 01:52
Last Modified: 03 Aug 2020 01:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16428

Actions (login required)

View Item View Item