STRATEGI KOMUNIKASI KPU KABUPATEN SUMBAWA DALAM MENGGERAKKAN PARTISIPASI PEMILIH PADA PEMILU SERENTAK TAHUN 2019

Stefani, - (2020) STRATEGI KOMUNIKASI KPU KABUPATEN SUMBAWA DALAM MENGGERAKKAN PARTISIPASI PEMILIH PADA PEMILU SERENTAK TAHUN 2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI STEFANI (L1B015044).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)

Abstract

Pemilu merupakan sebuah kegiatan demokrasi yang rutin digelar setiap 5 tahun sekali yangmenjadi salah satu wadah partisipasi politik dari masyarakat dalam menentukan pemimpinnya.Meningkatnya partisipasi pemilih masyarakat Kabupaten Sumbawa pada Pemilu Serentak tahun 2019 tentunya menjadi suatu pencapaian yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Sumbawa selaku lembaga penyelenggara Pemilu dalam melaksanakan kegiatan-kegiatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi KPU Kabupaten Sumbawa dalam Menggerakkan Partisipasi Pemilih pada Pemilu Serentak Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data danpenarikan kesimpulan. Kemudian uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data.Strategi komunikasi yang dilakukan KPU Kabupaten Sumbawa dalam menggerakkan partisipasi pemilih pada Pemilu serentak tahun 2019 yaitu memadukan kegiatan perencanaan komunikasi dan manajemen komunikasi. Diawali dengan menetapkan tujuan yaitu melahirkan pemilih yang cerdas yang menggunakan hak pilihnya atas pertimbangan rasional tanpa adanya tekanandari pihak manapun dan tentunya peningkatan partisipasi pemilih melalui penggunaan hak pilih. Di komunikasikan langsung oleh pihak KPU Kabupaten Sumbawa mulai dari unsur Komisioner hingga badan adhoc seperti petugas PPK, PPS hingga Relawan Demokrasi (RELASI) kepada seluruh masyarakat Sumbawa terutama yang telah memiliki hak pilih dalam Pemilu tahun 2019 sebagai sararan utama dari KPU Kabupaten Sumbawa. Adapun pesan yang disampaikan yaitu bersifat informatif, persuasif, dan edukatif mengenai informasi kepemiluan dan pentingnya penggunaan hak pilih. Kemudian pesan tersebut disampaikan dengan cara komunikasi langsung atau tatap muka dalam bentuk kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih dan juga menggunakan media massa seperti media cetak (koran), media elektronik (radio), media internet (media sosial) dan media luar ruangan (baliho dan spanduk). Kemudian efek yang ditimbulkan dari strategi komunikasi yang dilakukan yaitu tingginya partisipasi pemilih pada Pemilu serentak tahun 2019 yang mencapai angka 82,7 persen, angka ini telah melampaui target nasional sebanyak 77,5 persen.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi Komunikasi KPU, Partisipasi Pemilih, Pemiu Serentak
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:32
Last Modified: 13 Aug 2020 01:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16574

Actions (login required)

View Item View Item