STRATEGI CYBER PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN CITRA UNIVERSITAS MATARAM

Hasan, Baizar (2020) STRATEGI CYBER PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN CITRA UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S K R I P S I N E W.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sebagian besar masyarakat Indonesia sudah menggunakan internet untuk berkomunikasi dan berbagi informasi. Berdasarkan fenomena tersebut, banyak praktisi public relations baik yang bekerja di perusahaan atau instansi mulai mengambil langkah dalam memanfaatkan internet. Humas Universitas Mataram, adalah salah satunya, dimana Humas Universitas Mataram memanfaatkan internet untuk menyebarluaskan informasi yang memiliki tujuan untuk membangun citra Universitas Mataram kearah citra yang positif. Citra Universitas Mataram dalam skala lokal sudah cukup baik. Berdasarkan hasil observasi peneliti bahwa Universitas Mataram merupakan universitas terbesar di provinsi Nusa Tenggara Barat. Sehingga citra yang melekat pada Universitas Mataram saat ini dalam skala lokal adalah universitas terbesar dan terbaik di provinsi Nusa Tenggara Barat. Namun jika berbicara skala nasional, Universitas Mataram masih jauh tertinggal dibandingkan dengan universitas- universitas yang ada di Indonesia. Universitas Mataram saat ini menempati peringkat ke 47. Citra Universitas Mataram terus dibangun kearah citra yang positif. Humas Universitas Mataram memiliki strategi-strategi tertentu dalam memanfaatkan internet untuk membangun citra Universitas Mataram. Berdasarkan fakta dan permasalahan yang ditemukan oleh peneliti, maka dirasa perlu untuk dilakukannya penelitian terkait strategi cyber public relations Universitas Mataram dalam membangun citra. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Kegiatan yang dilakukan berdasarkan metode tersebut adalah pengupulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi cyber public relations yang dilakukan oleh Humas Universitas Mataram yaitu, (1). Optimalisasi Tampilan dan Penggunaan Website, (2). Menganalisa Media Sosial dan Website Secara Berkala, (3). Menyelesaikan Krisis Komunikasi Dengan Media Sosial, (4).Memilah Informasi, (5). Publisitas Melibatkan Publik Internal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Strategi Cyber Public Relations, Citra.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:15
Last Modified: 13 Aug 2020 01:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16632

Actions (login required)

View Item View Item